Objek Math JavaScript

Fikri Haikal
0

 

Mengenal Objek Math

Di topik sebelumnya, kita telah mempelajari objek, yaitu suatu variabel yang dapat memiliki properti dan nilai. Adapun nilai dari sebuah properti di objek bisa berupa fungsi yang disebut sebagai method.

Oke, mari kita review kembali bagaimana bentuk sebuah objek. Di bawah ini adalah contoh objek yang memiliki properti, nilai dan method:

let objek = {
namaProperti1: nilaiProperti1,
namaProperti2: function() {...} // namaProperti2 adalah method dari variabel objek
};

Kebayang-kan objek itu seperti apa?

Nah, kemarin kita mempelajari bagaimana cara membuat objek sendiri. Sekarang, kita akan mempelajari objek yang sudah merupakan "bawaan" dari javascript (dinamakan built-in object), salah satunya adalah Objek Math (Math Object).

Sama seperti objek pada umumnya, objek Math memiliki properti, nilai, dan method.

Objek Math hanya bisa digunakan untuk tipe data number, dan tidak bisa digunakan untuk tipe data BigInt.

Contoh:

let result = Math.sqrt(9); // Output: 3

let result = Math.sqrt(BigInt(9)); // Output: TypeError: Cannot convert a BigInt value to a number

Keuntungan memakai objek Math adalah kita tidak perlu lagi mikir dalam menulis kode ketika membuat operasi Matematika.


Properti Objek Math

Ada 8 properti objek Math, yaitu:

Math.E               // Bilangan Euler
Math.LN2 // Log 2
Math.LN10 // Log 10
Math.LOG2E // Log E di Basis 2
Math.LOG10E // Log E di Basis 10
Math.PI // Pi
Math.SQRT1_2 // Akar Kuadrat dari 0.5
Math.SQRT2 // Akar Kuadrat dari 2

Biasanya, properti-properti ini digunakan untuk operasi matematika yang lebih kompleks.

Namun, saat ini saya cuma ingin memperkenalkan satu properti objek Math saja, yaitu Math.PI. Kalian tahu Ï€? Jika kalian ingat pelajaran SD dalam menghitung luas lingkaran, maka rumusnya akan seperti ini:

Luas Lingkaran = π r2

Luas Lingkaran = 3.14 x (jari-jari lingkaran2)

Jadi, π hanyalah nilai konstan yang bernilai 3.14 (sebenarnya sih 3.14 sekian sekian sekian.....banyak banget deh angkanya).

Nah, di JavaScript, apabila kita lupa nilai konstan dari Ï€ itu sebenarnya berapa, kita bisa menggunakan properti Math.PI ini sebagai penggantinya.

Contoh:

let r = 10;
let luasLingkaran = Math.PI * (r ** 2);

console.log(luasLingkaran); // Output: 314.1592653589793

Method Objek Math

Nah, ini nih bagian serunya. Selain properti, objek Math juga mempunyai method yang pada umumnya melakukan operasi Matematika. Method di objek Math ada banyak sekali dan di topik ini akan kita bahas beberapa yang sering digunakan.

Math.abs(x)

Digunakan untuk mengubah angka x yang bernilai negatif menjadi positif.

let bilangan = -70.5;

console.log(Math.abs(bilangan)); // Output: 70.5

Math.pow(x, y)

Digunakan untuk menghitung hasil dari x pangkat y.

let bilangan = 6;
let pangkat = 2;

console.log(Math.pow(bilangan, pangkat)); // Output: 36

Math.sqrt(x)

Digunakan untuk menghitung akar kuadrat dari x.

let bilangan = 64;

console.log(Math.sqrt(bilangan)); // Output: 8

Math.cbrt(x)

Digunakan untuk menghitung akar pangkat 3 dari x.

let bilangan = 8;

console.log(Math.cbrt(bilangan)); // Output: 2

Math.round(x)

Digunakan untuk membulatkan angka desimal x menjadi bilangan bulat. Pembulatan ke atas bila angka di belakang koma lebih besar atau sama dengan 5, dan pembulatan ke bawah jika angka di belakang koma kurang dari 5.

let bilangan1 = 5.7;
let bilangan2 = 5.4;

console.log(Math.round(bilangan1)); // Output: 6
console.log(Math.round(bilangan2)); // Output: 5

Math.floor(x)

Digunakan untuk membulatkan angka desimal x ke bawah.

let bilangan1 = 5.7;
let bilangan2 = 5.4;

console.log(Math.floor(bilangan1)); // Output: 5
console.log(Math.round(bilangan2)); // Output: 5

Math.ceil(x)

Digunakan untuk membulatkan angka desimal x ke atas.

let bilangan1 = 5.7;
let bilangan2 = 5.4;

console.log(Math.ceil(bilangan1)); // Output: 6
console.log(Math.ceil(bilangan2)); // Output: 6

Math.random()

Digunakan untuk menampilkan angka secara acak antara 0 hingga 1 (0 termasuk. 1 tidak).

console.log(Math.random()); // Output: 0.14087695004117018
console.log(Math.random()); // Output: 0.17923176966306498

Math.max(x, y, z, ..., n)

Digunakan untuk mencari angka terbesar di antara parameter x, y, z, ..., n.

console.log(Math.max(1, 4, 6, 7)); // Output: 7

Math.min(x, y, z, ..., n)

Digunakan untuk mencari angka terkecil di antara parameter x, y, z, ..., n.

console.log(Math.min(1, 4, 6, 7)); // Output: 1

Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.
Posting Komentar (0)
Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !